Terbaru Masa Kini

 

Surat Permohonan Bantuan Dana Berbagai Kegiatan


Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pengabdian Masyarakat Kop Surat

................................................
Nomor            : 005/Pan-PPM/HIMA/VII/2009
Lampiran        : 1 ( satu ) berkas proposal
Perihal           : Permohonan Bantuan Dana

Yth. Pemerintah Kota Bandung
di Bandung
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini.
Salawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.
Sehubungan akan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat tahun 2009 oleh Himpunan Mahasiswa Keperawatan Stikes Bandung, yang insyaAllah akan dilaksanakan pada:
Tanggal                     : 19 s.d 29 Desember 2009
Tempat                     : Ds. Kaliurang, Kab. Kuningan
Maka demi kelancaran kegiatan tersebut, kami mohon bantuan/partisipasinya.
Demikian permohonan ini kami sampaikan, sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan proposal kegiatan. Atas perhatian dan partisipasi Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
                                                                   
                                                               Bandung, 8 Agustus 2009
Ketua Pelaksana,                                                             Sekretaris,

Arman Hadef                                                                   Sinta Nurul
NPM 093760                                                                  NPM 090774

Mengetahui,
Ketua Jurusan                                                     Ketua BEM Hima
                                                   Prodi Keperawatan Stikes Bandung,

Yunus Harsah, M.Kep                                              Geinsa
 (NIP 1352899899)                                               (NPM 099029)

***

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Penelitian

                                                            Balikpapan, 20 Januari 2011
Kepada Yth.
Bapak Walikota Kota Balikpapan
di tempat
Perihal : Permohonan Bantuan Dana Penelitian
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Saya adalah salah satu Mahasiswa jurusan Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang dari Kota Balikpapan yang sedang menempuh pendidikan Strata 1 di Kota Malang.
Saat ini saya sedang melaksanakan tugas akhir atau penelitian pada bidang yang saya ambil yaitu bidang Psikologi Industri dan Organisasi pada salah satu perusahaan terkait.
Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk meminta keringanan hati Bapak berkenan membantu saya dalam memberikan bantuan dana dalam melaksanakan penelitian saya nantinya.
Besar harapan saya untuk dapat memberikan yang terbaik bagi Kota Balikpapan dengan bantuan Bapak nantinya. Serta telah saya lampirkan juga proposal penelitian saya sebagai pertimbangan lebih lanjut.
Sekian keterangan yang saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kata yang tidak sesuai, atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
                                                                                                                            Yang Bersangkutan,

                                                                     Esty Tri Budi Wibowo

***
Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Korban Bencana
KOP SURAT
................................................
                                                                                     Jakarta,....Januari 2011
No       : ...........
Hal      : Permohonan Bantuan Dana Korban Gempa
Lamp : ..........

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Warga Perumahan Permata Indah Blok A
di tempat
Dengan hormat,
Mengingat banyaknya saudara kita yang terkena musibah akibat gempa bumi, maka izinkanlah kami selaku .....(nama organisasi) mengharapkan bantuan dan partisipasi seluruh warga dari Perumaham Bukit Permata Indah Blok A khususnya, untuk meringankan beban yang dialami oleh saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana gempa.
Kami menerima apapun jenis bantuan sumbangan yang akan di berikan baik materi maupun non materi, sesuai keikhlasan dari warga. Hasil sumbangan yang yang telah terkumpul akan segera kami salurkan langsung kepada korban di..........
Demikianlah surat permohonan yang kami buat, agar menjadi pertimbangan bapak/ibu/saudara/I sekalian untuk membantu saudara kita, Sedikit bantuan yang kita berikan tentu sangat berarti buat mereka.
Terima kasih atas bantuan bapak/ibu/saudara/I. Semoga amal bapak/ibu/saudara/I diterima di sisi Tuhan YME

                                    Ketua Karang Taruna Rw 01 Pemuda Pemudi,

                                                                         Arifin Armad Nurdin

***

Hal Penting dalam Surat Permohonan

Surat permohonan adalah salah satu bentuk surat yang cukup penting untuk diketahui. Terlebih jika dalam pekerjaan, Anda membutuhkan banyak bantuan atau kerjasama dengan berbagai pihak. Tentulah pihak-pihak yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda, perusahaan atau organisasi Anda. Sesuai dan tepat dengan keperluan Anda terhadap pihak yang bersangkutan.

Dalam hal ini instansi-instansi atau perorangan yang memang membutuhkan sebuah surat resmi untuk terhubung dengan pihak tersebut. Sebuah instansi atau organisasi yang memang sudah menetapkan sebuah birokrasi yang jelas termasuk alur yang jelas bagaimana surat permohonan itu disampaikan. 

Ragam dari surat permohonan ini cukup banyak, mulai dari surat permohonan mutasi, surat permohonan cuti, surat permohonan bantuan publikasi, surat permohonan kredit, surat permohonan kerjasama, surat permohonan riset, surat permohonan wawancara, dan lain sebagainya. 

Begitu bayaknya maksud yang dapat kita utarakan dengan selembar surat permohonan ini. Namun, banyak sekali yag tidak paham akan bagaimana bentuk dari surat-surat permohonan ini. Dari 10 orang, mungkin yang mengerti dan dapat membuat surat permohonan dengan baik dan benar hanya 4 orang. Itulah sebabnya menjadi penting bagi Anda untuk mengenal poin-poin yang memang penting dalam surat permohonan ini.

Identitas Pemohon dalam Surat Permohonan

Identitas pemohon merupakan poin yang cukup penting dalam surat permohonan. Penting karena dengan identitas ini seseorang atau suatu instansi dapat mengetahui berasal dari mana surat permohonan tersebut. Ini menjadi pertimbangan yang menentukan apakah selanjutnya permohonan tersebut akan dikabulkan atau tidak. 

Itulah sebabnya, jika Anda membuat surat permohonan, tuliskan identitas dengan sejelas-jelasnya, baik nama organisasi atau instansi Anda, jabatan Anda, stempel asli organisasi atau perusahaan serta nama jelas Anda. Semakin lengkap identitas pemohon, semakin yakin pula penerima surat permohonan tersebut, begitupun sebaliknya.

Isi Surat Permohonan

Isi permohonan merupakan poin yang cukup penting dalam sebuah surat permohonan. Di dalam bagian isi ini, Anda tuliskan semua hal penting yang dapat memberikan gambaran umum tetang keseluruhan kegiatan, penjelasan tentang kualifikasi Anda, dan lain sebagainya yang disesuaikan dengan jenis surat permohonan tersebut. 

Dengan bagian isi dari surat permohonan yang Anda buat ini, diharapkan pembaca atau pihak yang termohon mendapatkan kejelasan tentang apa yang akan dilaksanakan atau seperti apa alur dari tujuan atau maksud yang ingin Anda sampaikan dalam surat permohonan tersebut. 
Pada bagian ini keakuratan sangat penting dan menjadi nilai plus untuk Anda di masa yang akan datang ketika bekerja sama kembali dengan pihak yang bersangkutan. Sekali saja Anda menulis sesuatu yang tidak akurat dalam surat permohonan, tidak sesuai dengan kenyataan, dikhawatirkan pihak termohon tidak lagi mempercayai Anda. 

Jika sudah tidak ada lagi kepercayaan, maka tertutuplah sudah relasi Ada dengan pihak termohon. Ketika suatu saat Anda membutuhkan pihak termohon yang pernah Anda bohongi tersebut, maka ia tidak akan menanggapi atau percaya lagi dengan Anda, sebagus apapun isi dari surat permohonan yang Anda buat, selengkap apapun itu jangan harap akan ditanggapi. 

Tujuan dan Alasan Surat Permohonan

Pada bagian ini saatnya Anda sampaikan maksud dan tujuan dari surat permohonan yang Anda buat tersebut. Maksud dan alasan yang jelas dari surat permohonan tersebut, sehingga instansi atau organisasi yang menjadi tujuan permohonan tersebut dapat memahami maksud dari surat permohonan Anda. 

Dalam bagian surat permohonan ini Anda tuliskan kalimat-kalimat yang jelas, langsung pada sasarannya. Tentunya tanpa menggunakan basa-basi lagi atau kalimat-kalimat yang justru membuat surat permohonan tersebut menjadi tidak jelas. 

Pastikan isinya benar, tidak ada kesalahan tulis, terutama jika berisi mengenai waktu, nominal, nama acara, harapan atau tujuan Anda, sesuatu yang membuat Anda membuat dan menyampaikan surat permohonan tersebut. Hal ini diperlukan untuk menyampaikan tujuan dan maksud utama yang ingin Anda sampaikan dalam surat permohonan tersebut. 

Selain itu yang takkalah penting yaitu maksud dan tujuan Anda tersampaikan dengan sempurna. Ini merupakan bagian paling penting dari sebuah surat permohonan yang menentukan berhasil atau tidaknya permohonan Anda.

Batas Waktu Untuk Menjawab Surat Permohonan

Dalam sebuah surat permohonan sebetulnya tidak harus selalu ada batas waktu maksimal untuk menjawab permohonan, terlebih jika surat permohonan tersebut sebatas permohonan klarifikasi atau permohonan bekerja paruh waktu. Namun, sebagian besar memang memerlukan batas waktu untuk menjawab permohonan yang Anda sampaikan dalam surat permohonan tersebut. Fungsinya tiada lain agar surat permohonan kita segera ditindaklanjuti.
Hal ini sangat berhubungan erat dengan ketepatan waktu yang dapat menentukan pelaksanaan suatu kegiatan tertentu. Ini menandakan bahwa informasi yang tertera di surat permohonan itu adalah sesuatu yang urgent dan memerlukan kepastian sesegera mungkin.
Batas maksimal ini hendaknya dibuat tidak terlalu mendekati hari H. Hal ini disebabkan karena nantinya jika dibuat terlalu dekat dengan waktu pelaksanaan, akan menyulitkan diri Anda sendiri dan juga pihak-pihak yang terkait yang menerima surat permohonan tersebut.
Itulah sebabnya ketika Anda akan melaksanakan suatu kegiatan diperlukan perencanaan yang matang yang disertai dengan alternatif-alternatif yang memungkinkan. Alternatif diperlukan karena Anda sendiri tidak pernah tahu apakah yang bersangkutan (pihak yang diberi surat permohonan) dapat memenuhi permohonan Anda atau tidak.
Jika alternatif itu sudah kita siapkan, maka secara otomatis apapun yang terjadi kegiatan akan tetap berjalan sesuai dengan rencana yang sudah Anda buat. Termasuk melaksanankan rencana B jika rencana A tidak mungkin untuk dilaksanakan karena surat permohonan Anda tidak dikabulkan oleh pihak termohon.

Pernyataan Keseriusan Surat Permohonan

Pernyataan keseriusan atau kesungguhan dalam surat permohonan adalah satu hal yang takkalah penting dibandingkan dengan bagian-bagian lain dalam surat permohonan ini. Pada bagian inilah seorang atau pihak yang termohon dapat memberikan Anda perhatian lebih. Ia dapat segera menanggapi permohonan jika Anda dapat memperlihatkah keseriusan atau kesungguhan dalam surat permohonan tersebut. 

Jika poin ini Anda lupakan akibatnya akan sangat fatal terhadap rencana kegiatan atau pencapaian tujuan yang ingin Anda capai yang berhubungan dengan pihak termohon. Jika kesungguhan Anda dapat terbaca dalam sebuah surat permohonan, maka kemungkinan besar pihak atau sebuah instansi atau organisasi termohon akan mengabulkan permohonan Anda.
Di sinilah pemilihan bahasa menjadi sangat penting untuk Anda gunakan dalam surat permohonan, termasuk pemilihan kata-kata. Kata-kata pilihan hendaknya adalah kata-kata atau kalimat yang formal, sehingga membuat pihak termohon yakin akan keseriusan atau kesungguhan Anda. 

Jika pihak termohon dapat diyakinkan, percaya dengan kesungguhan Anda, maka yang bersangkutan akan mengabulkan permohonan yang Anda inginkan tersebut. Bisa jadi melebihi dari yang Anda minta dalam surat permohonan tersebut.

Tips Membuat Surat Permohonan

  • Pastikan ditujukan kepada orang yang tepat sesuai dengan permohonan Anda. Jika salah, maka jangan harap surat permohonan Anda dapat dikabulkan.
  • Beri jangka waktu atau batas waktu yang cukup untuk pihak termohon dalam memberikan kepastian dikabulkan atau tidaknya surat permohonan Anda. Terkadang ada perusahaan atau instansi yang bisa lebih cepat memberikan jawaban karena birokrasinya cukup pendek, namun ada pula yang birokrasinya cukup panjang, sehingga memakan waktu yang lebih lama untuk memberikan jawaban.
  • Berikan informasi dengan akurat dan jujur dalam surat permohonan agar tidak ada pihak yang dirugikan.
  • Dalam surat permohonan gunakan bahasa yang resmi dan sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.
  • Dalam surat permohonan gunakan bahasa yang sama dengan bahasa yang digunakan termohon.
  • Pastikan surat permohonan itu sampai dan dibaca oleh pihak yang berkepentingan.
  • Pastikan kelengkapan surat permohonan.
Related Post By Categories

ExitFollow & Like!