Terbaru Masa Kini

 

Sumber-Sumber Ajaran Dasar Agama Islam

Sumber-Sumber Ajaran Dasar Agama Islam | Assalamu'alaikum sobat IBT, kali ini saya akan share untuk sobat yaitu mengenai Sumber-Sumber Ajaran Dasar Agama kita Agama Islam. Agama Islam sendiri mempunyai sumber ajaran sendiri dan merupakan panutan untuk menjadi umat yang terbaik. Dan Al-qur’an sendiri merupakan sumber ajaran Islam yang utamakarena disitu terdapat aturan, ilmu pengetahuan, sejarah, perekonomian tidak ada yang terlupa sedikitpun dari kitab suci umat Islam ini.


Al-qur’an sendiri telah diakui diseluruh dunia bahwa kitab yang paling sempurna dan dipercaya langsung diturunkan oleh Sang Maha Khalik, jadi tak ada keraguan bagi Kitab Suci ini. Karena begitu indah tulisan itu sendiri ,manusia tidak akan mampu menulis seperti bacaan di Al-qur’an.

Al-qur’an pun merupakan mukjizat terbesar dari Nabi Muhammad SAW, Kitab ini pun diturunkan berangsur-angsur menurut kejadian yang sedang terjadi pada saat itu. Dan diturunkan di Mekkah disebut surat Makiyah mempunyai ciri-ciri ayat pendek, banyak bercerita tentang keimanan dan diturunkan di Madinah disebut Surat Madinah mempunyai ciri-ciri ayatnya panjang, banyak bercerita tentang kehidupan kemasyrakatan.

Al-qur’an pun dijamin keasliannya langsung dari Allah SWT , betapa indahnya kalimat-kalimat di Al-qur’an bila kita baca dan memaknai isinya karena dapat menenangkan hati, menyembuhkan sakit dan mempelajari ilmu yang terdapat didalam isi Al-qur’an tersebut. Jadi tak ada keraguan bagi kitab suci ini itupun telah diakui oleh beberapa pemikir non-muslim, jadi kita sebagai umat Islam marilah jadikan hobi membaca Al-qur’an karena tidak akan menyita waktu atapun rugi sedikitpun bila membacanya.

Sumber hukum kedua umat Islam adalah Sunnah yaitu Sabda atau perkataan dari Nabi Muhammad SAW, karena disalah satu firman Allah menyebutkan “Barang siapa yang mentaati sesungguhnya ia telah mentaati Allah” dan “Jika berlainan pendapat maka kembalilah ke kepada Allah (Al-qur’an) dan Rasul (Sunnah). Karena tingginya bahasa Al-qur’an itu sendiri tidak bisa diartikan seperti bahasa manusia umumnya karena bakal banyak persimpangan, karena sesungguhnya bahasa yang diucapkan Tuhan lebih tinggi maknanya berbeda yang dipikirkan manusia.

Sunnah sendiri bila dikerjakan mendapat pahala bila ditinggalkan tidak apa-apa, tetapi fungsi Sunnah sendiri atau sering disebut hadist merupakan sumber penjelas Al-Qur’an sebagai petunjuk Umat Islam sendiri.

Indonesia sebagai pemilik umat Islam terbanyak diseluruh dunia pun tak memakai sumber hukumnya ajaran dari Islam, karena mustahil Indonesia pun masih melekat sejarah yang membelengguny sehingga tidak bisa lepas begitu saja. Padahal kan hukum Islam merupakan hukum yang seadil-adilnya dan dbuat oleh Allah SWT beda dengan hukuman sekarang yang dibuat manusia yang bisa dipermainkan oleh manusia itu sendiri.

Banyak orang yang berkata bila hukum Islam digunakan akan melanggar Hak Asasi Manusia faktanya Korupsi yang mencuri uang rakyat dipengadilan bisa banding dan dihukum paling lama 10 tahun sejalan proses hukum hanya 5 tahun plus ditambah remisi dan tau-tau besoknya bebas, pasti tidak akan jera. Bila hukum Islam diambil tentu akan lain ceritanya. Bila dia mencuri, tangannya akan dipotong, apa itu tidak manusiawi? Itu kan membuat jera dirinya sendiri yang melakukan dan yang ingin melakukannya. Lebih manusiawi mana koruptor mengambil uang rakyat miliyaran yang khusus buat warga miskin makan, malah diambilnya sehingga membuat warga miskin meninggal hingga ratusan orang akibat kelaparan setengah itu sendiri merupakan balita, sekarang kita lihat lebih kejam hukum Islam atau hukum manusia.

Demikianlah yg bisa saya sampaikan untuk sobat IBT mengenai Sumber-Sumber Ajaran Dasar Agama Islam, semoga bermanfaat. Trims, Wassalam! :)
Related Post By Categories

ExitFollow & Like!